Lakukan Rebranding, BBSPJI Kulit, Karet, dan Plastik (BBSPJIKKP) Siap Berikan Pelayanan yang Lebih Efektif dan Efisien bagi Industri

Jasa industri berperan strategis sebagai enabler bagi pengembangan industri secara efektif, efisien, integrator, dan komprehensif, serta mampu menunjang kegiatan sektor industri manufaktur serta sektor lainnya untuk memberikan kontribusi terhadap PDB Nasional. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) tahun 2015-2035, jasa industri merupakan salah satu sektor pendukung dalam membangun industri nasional.

Menengok pentingnya jasa industri tersebut, Kementerian Perindustrian melalui Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) terus menekankan satuan kerja di bawahnya yang memiliki tugas menyediakan layanan jasa industri untuk terus meningkatkan layanannya dan berinovasi guna mendukung industri nasional.

“Industri membutuhkan layanan yang cepat, akurat, tertelusur, dan responsif karena hal itu akan berpengaruh pada produktivitasnya. Maka seluruh penyedia layanan jasa industri, termasuk BBSPJIKKP harus adaptif terhadap kebutuhan industri tersebut” ungkap Andi Rizaldi, Kepala BSKJI pada Selasa (24/9).

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan layanan kepada industri, satuan kerja BSKJI, yaitu Bali Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik (BBSPJIKKP) melakukan rebranding. Rebranding yang ditempuh ditandai dengan peluncuran website baru BBSPJIKKP yang dinamai Jogja Industrial Services (JIS) dan peluncuran Portal Layanan dan Informasi Terintegrasi (POLIMER).

JIS dan POLIMER adalah bentuk transformasi bisnis institusi pemerintah yang sebelumnya identik dengan kerumitan birokrasi, menjadi sebuah entitas Badan Layanan Umum (BLU) yang lincah, cepat, dan mudah. Keduanya memiliki tujuan untuk meningkatkan layanan dan interaksi digital dengan pelanggan. Website ini hadir dengan tampilan modern dan user-friendly, yang memungkinkan akses lebih mudah dan cepat bagi pengguna, baik untuk informasi layanan maupun produk yang ditawarkan oleh BBSPJIKKP.

Kepala BBSPJIKKP, Hagung Eko Pawoko, menyatakan bahwa portal ini diharapkan mampu mendorong peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam pelayanan BBSPJIKKP bagi industri, sejalan dengan komitmen BBSPJIKKP untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

“Dengan adanya JIS dan POLIMER, pelayanan kami ke industri akan semakin cepat dan akurat sehingga industri akan semakin cepat mendapatkan kepastian akan kualitas produknya. Seluruh permintaan layanan telah terintegrasi di dalam POLIMER. Fitur unggulan yang kami hadirkan untuk pelanggan yaitu Single Sign-On (SSO), Online Order, Menu Payments, Quick Tracking, Digital Documents, Quick Response, dan Statistic Menu,“ imbuh Hagung.

Peluncuran website dan portal layanan yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (24/09) ini dihadiri Kepala BSKJI, asosiasi terkait, mitra bisnis, dan para pelanggan BBSPJIKKP.

Dengan peluncuran website ini, BBSPJIKKP telah menunjukkan inovasi dalam usaha meningkatkan layanannya. Perbaikan dan penyesuain akan dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Seperti diketahui, BBSPJIKKP saat ini bergerak di bidang layanan jasa pendampingan, pengujian, kalibrasi, sertifikasi, inspeksi, validasi dan verifikasi Gas Rumah Kaca, verifikasi TKDN, pemeriksaan halal, penyelenggara uji profisiensi, audit teknologi, produsen bahan acuan, miniplant kulit, miniplant karet, dan jasa lainnya.

Keunggulan balai besar yang berlokasi di Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta ini adalah dengan dimilikinya Lembaga Pemeriksa Halal Utama, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan merupakan satu-satunya instansi Pemerintah yang mempunyai Lembaga Validasi Verifikasi Gas Rumah Kaca (GRK).