Verifikasi GRK dan Witness KAN LVV BBKKP di PT Kahayan Berseri

Pulang Pisau, 4 Juli 2023 - Lembaga Validasi Verifikasi Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik (LVV BBKKP) telah melaksanakan verifikasi emisi Gas Rumah Kaca sekaligus penyaksian kompetensi (witness) oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) di PT Kahayan Berseri yang berlokasi di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Kegiatan Witness merupakan langkah lanjutan setelah Asesmen Awal sekaligus langkah terakhir bagi LVV BBKKP untuk mendapatkan Akreditasi dari KAN.

Kegiatan verifikasi GRK LVV BBKKP diwakili oleh Bapak Iwan Fajar Pahlawan sebagai Ketua Tim Verifikator dan Bapak Eko Sulistiyo Wibowo serta Ibu Endang Susiani sebagai Anggota Tim Verifikator. Pada proses witness, Komite Akreditasi Nasional (KAN) menugaskan Bapak Rustiawan Anis sebagai Asesor Kepala dan Bapak Awan Taufani sebagai Asesor. Kegiatan verifikasi dan witness dilakukan selama 2 hari kerja pada tanggal 3 Juli 2023 sampai dengan 4 Juli 2023.

Kegiatan verifikasi GRK dilakukan terhadap klaim perusahaan PT Kahayan Berseri atas emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh PT Kahayan Berseri selama tahun 2022. Verifikasi dilakukan terhadap emisi langsung dan emisi tidak langsung yang dihasilkan oleh PT Kahayan Berseri. Klaim diverifikasi sesuai dengan SNI ISO 14064-3:2019 dan diperiksa pemenuhan persyaratannya terhadap SNI ISO 14064-1:2018.