Tumbuhkan Wirausaha Baru, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan Gandeng BBKKP Selenggarakan Pelatihan

Tanah Laut adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memiliki Rumah Pemotongan Hewan (RPH) terbesar di Kalsel. Selama ini kulit yang menjadi produk samping dari RPH dijual sebagai kulit mentah awet garaman ke pulau Jawa. Ketika harga kulit mentah kurang bagus, pengepul kulit mentah enggan untuk menjual kulitnya. Akibatnya kulit mentah menumpuk dalam jumlah yang besar. Di sisi lain untuk memenuhi kebutuhan kulit finished (leather) dan olahan makanan dari kulit seperti krupuk kulit, masyarakat Tanah Laut membeli dari Pulau Jawa. Padahal di Tanah Laut berlimpah bahan baku kulit mentah tetapi belum optimal dimanfaatkan. Berangkat dari permasalahan ini Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel berencana mendorong tumbuhnya wirausaha baru di bidang pengolahan kulit mentah.
Sebagai langkah awal Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel menggandeng BBKKP menyelenggarakan Pelatihan Penumbuhan Wirausaha Baru Sentra Pengolahan Kulit Sapi, 23-27/09/2019. Pelatihan yang diikuti 20 orang dari RPH, peternak sapi, serta masyarakat sekitar diselenggarakan di Kelurahan Saranghalang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

   

Selama lima hari, instruktur pelatihan dari BBKKP, Eka Lusiana, membimbing peserta pelatihan menyamak kulit sapi dari kulit mentah hingga menjadi kulit finished (leather) yang siap dibuat menjadi kerajinan kulit. Dengan peralatan seadanya, peserta pelatihan semangat mengikuti setiap tahapan proses penyamakan hingga dihasilkan kulit sapi finished. Melihat antusias peserta pelatihan, Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel mengagendakan akan menyelenggarakan pelatihan serupa di tahun mendatang.