Tingkatkan kompetensi SDM karet, BBSPJIKKP selenggarakan Pelatihan Pembuatan Barang Karet

Dalam upaya peningkatan kompetensi SDM bidang karet, Balai Besar Standardisadi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet dan Plastik (BBSPJIKKP) bekerjasama dengan PT Surya Mas Agung menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Barang Karset pada tanggal 3 s.d 5 Juli 2023.

PT Surya Mas Agung merupakan produsen Rubber Kompounding yang mempunyai fasilitas vulkanisir ban yang tersebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, hingga Ambon. Perusahaan ini juga memproduksi thread rubber, cushion gum dan solid tire.

Disampaikan oleh Business Development PT Surya Mas Agung, Lusiana, pelatihan ini sangat bermanfaat dalam memberikan background pengetahuan dan praktek pembuatan barang karet, dan ke depannya berharap akan mengikuti pelatihan lanjutan untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan teknologi barang karet, khususnya mengenai penyusunan formulasi barang karet.

 

 

Sebagai instruktur dalam pelatihan adalah Ihda Novia Indrajati, Indiah Ratna Dewi, dan FX. Andri Wisnu dari Tim Miniplant Karet BBSPJIKKP. Dalam pelatihan ini, peserta diajari teori mengenai pengetahuan barang karet, desain dan teknik komponding, vulkanisasi dan pemantauan proses serta mutu produk karet. Peserta juga diajari praktek pembuatan kompon karet, pengujian cure characteristics dan viskositas kompon sampai dengan pencetakan produk.

Dalam sambutannya, Kepala BBSPJIKKP, Hagung Eko menyampaikan bahwa BBSPJIKKP siap berbagi ilmu mengenai pengetahuan dan ketrampilan mengenai pembuatan barang karet melalui kegiatan pelatihan dan konsultasi teknis terkait peningkatan mutu produk karet. Pelatihan juga dapat diselenggarahan secara in-house di perusahaan, sesuai dengan permintaan dari pelanggan.