PIBT BBKKP Selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Guna Optimalkan Fungsi Inkubasi

Kamis, 03/10/2019, Pusat Inkubasi Bisnis Teknologi Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (PIBT BBKKP) menyelenggarakan FGD di Grand Dafam Rohan Jogja. FGD dihadiri oleh 60 stakeholder dari Kemenristekdikti, asosiasi industri, pemerintah daerah, industri, institusi pendidikan, perbankan, media, konsultan, dan mitra lain yang menjadi calon mitra PIBT BBKKP. Kepala BBKKP, Agus Kuntoro, menyampaikan apresiasi kepada Kemenristekdikti yang telah memfasilitasi terselenggaranya FGD yang akan dilanjutkan dengan Business Matching.

Turut hadir di FGD, Kepala Bidang Industri Tekstil dan Elektronika Pusat Puslitbang IKFTLMATE, Kemenperin, Welldian Saragih. Dalam pidato sambutannya Welldian menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 memberikan tantangan kepada dunia industri untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna memperoleh pemanfaatan sebesar-besarnya dan menghindari terjadinya penurunan daya saing pasar di tingkat global. Kemenperin telah menyusun road map implementasi industri 4.0 yang lebih dikenal dengan istilah Making Indonesia 4.0. Road map tersebut berisi aspirasi besar Indonesia 2030 yang menuntut semua pemangku kepentingan untuk membawa Indonesia menjadi sepuluh besar ekonomi dunia pada 2030. Diharapkan acara FGD yang dilanjutkan dengan Business Matching akan meningkatkan jejaring (networking) dan menghasilkan kesepakatan antara PIBT BBKKP dengan stakeholder terkait serta tenant sebagai peserta inkubator. Demikian papar Welldian menutup pidato sambutannya.


Kepala Subdirektorat Lembaga Inkubator dan Intermediasi Teknologi Kemenristekdikti, Ferry Ramadhan, menyampaikan bahwa goal yang ingin dicapai dari FGD adalah adanya support atau dukungan dari stakeholder yaitu investor, lembaga perbankan, media, terhadap kegiatan inkubasi yang dilakukan inkubator (PIBT BBKKP). Acara FGD diakhiri dengan sesi diskusi dan penandatanganan surat pernyataan sebagai bentuk dukungan terhadap PIBT BBKKP.