Penjajakan Kerjasama dalam membangun Lembaga Pemeriksa Halal BBKKP

(Selasa, 14/09/2021) berlangsung diskusi mengenai penjajakan kerjasama pengujian produk halal antara Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) dengan Laboratorium Terpadu UII. Pertemuan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting ini bertujuan untuk mendiskusikan upaya penjajakan kerjasama dalam rangka pengembangan Lembaga Pemeriksa Halal yang sedang dirintis oleh BBKKP. Dalam diskusi ini dibahas aspek teknis dan non teknis yang harus dipenuhi dalam pendirian Lembaga Pemeriksa Halal BBKKP. Aspek teknis terdiri dari parameter uji produk halal, metode dan alat uji yang diperlukan, sementara aspek non teknis tentang skema dan prospek kerja sama antara BBKKP dan Laboratorium UII dalam pengujian produk halal.



Dalam kesempatan tersebut, Rudi Syahputra, S.Si., M.Si., Ph.D. dan Khamdan Cahyari dari Laboratorium Terpadu UII menjelaskan tentang peralatan dan metode uji yang selama ini digunakan di Laboratorium Terpadu UII. Pada prinsipnya, Laboratorium Terpadu UII bersedia bekerja sama dan mendukung pengembangan Lembaga Pemeriksa Halal BBKKP dengan catatan perlu diperjelas terkait skema dan lingkup kerja samanya.



Sebagai upaya tindak lanjut dari diskusi ini, Satija selaku perwakilan dari BBKKP menyampaikan bahwa BBKKP akan memastikan metode uji yang diperlukan sesuai lingkup sertifikasi. Ke depannya, kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi kedua pihak, yaitu segera terealisasinya Lembaga Pemeriksa Halal BBKKP dalam upaya mendukung pertumbuhan industri halal, serta pengembangan Laboratorium Terpadu UII.