Penghargaan dan Workshop DAPATI Tahun 2023

Semarang, 23 Juni 2023 - Kepala BBSPJIKKP menghadiri acara penghargaan dan workshop DAPATI yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) di kota Semarang, Jawa Tengah. Penghargaan diberikan kepada IKM dengan kinerja terbaik pada pelaksanaan program DAPATI 2022, penghargaan penyedia jasa konsultansi terbaik tingkat Balai Besar, penghargaan penyedia jasa konsultansi terbaik tingkat balai standardisasi, dan penghargaan video dokumenter terbaik program DAPATI Tahun 2022.

Dalam acara ini, dilaksanakan juga sharing session oleh IKM yang telah mendapatkan manfaat dari program DAPATI Tahun anggaran 2022 berupa peningkatan produktivitas, efisiensi dan daya saing industrinya.

Tahun 2022 BBSPJIKKP melakukan pendampingan penataan lay out produksi di industri kulit ‘Djoen Leather’. Dari hasil kegiatan ini terjadi peningkatan produktivitas sebesar 5,27%. Selain itu, BBSPJIKKP juga melakukan pendampingan di industri karet PT. Yutaka Asia Indonesia telah menjawab permasalahan terkait penumpukan limbah sarung tangan karet. Sentuhan teknologi mengubah limbah sarung tangan karet menjadi karet reklim yang dapat diaplikasikan secara luas baik untuk substitusi karet alam virgin, pelapis sarung tangan SAS, dll. Karet reklim merupakan produk baru bagi PT. Yutaka Asia Indonesia yang berpotensi dikembangkan sebagai bisnis baru.

Pembuatan karet reklim dari limbah sarung tangan tidak hanya mengatasi masalah limbah, tetapi juga meningkatkan nilai ekonomi limbah tersebut. Harga jual limbah sarung tangan karet berkisar Rp. 3.000/kg, sedangkan harga jual karet reklim mencapai Rp. 13.000 – Rp. 14.000/kg. Pada tahun 2023, BBSPJIKKP melakukan pendampingan ‘Teknologi pemanfaatan limbah fleshing kulit’ dan ‘peningkatan mutu produk barang karet melalui pemantauan proses produksi’.