Pemagangan IKM Produk Kulit

Kondisi pandemi tidak menghalangi berjalannya kegiatan pelatihan di Balai Besar Kulit Karet dan Plastik (BBKKP) dalam rangka memfasilitasi perkembangan industri. BBKKP bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan menyelenggarakan Pemagangan Pengrajin Produk Fashion berbahan Kulit pada tanggal 11 s.d 14 Oktober 2021.

Pelatihan yang berlangsung secara tatap muka ini diikuti oleh IKM Produk Fashion sebanyak 4 peserta yang berasal dari Kabupaten Tanah Laut.


Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut, Dra. Hj. Indah Herlina dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari magang pengrajin produk fashion ini adalah untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kreativitas dari IKM dalam membuat produk kulit. Disampaikan bahwa IKM tersebut telah mendapatkan hibah dana dari insentif daerah berupa mesin jahit dan mesin seset, sehingga diharapkan mesin tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk membuat produk kulit.

Pemagangan ini merupakan kerja sama yang kedua kalinya antara BBKKP dengan Pemkab Tanah Laut. Pada tahun 2020, BBKKP mengirimkan instruktur dalam kegiatan pelatihan penyamakan kulit yang diselenggarakan di Kabupaten Tanah Laut.

Kepala BBKKP, Ir. Agus Kuntoro, M.T.A. menyampaikan harapannya agar peserta pelatihan dapat mengembangkan ilmu yang didapatkan dalam upaya menumbuhkan wirausaha baru.

Dalam kegiatan ini, instruktur dari BBKKP, Sugeng Supardal dan Wahyu Bintoro memberikan materi dan mendampingi praktik pembuatan tas dan dompet kulit, mulai dari pembuatan pola, pemotongan bahan, penyesetan, perakitan, penjahitan dan finishing.