Pelatihan Pengenalan Dan Pengujian SIR Berdasarkan SNI 1903:2017

Yogyakarta, 10 November 2023 - Pada hari Rabu s.d Jumat tanggal 8 s.d 10 November yang lalu, telah dilaksanakan Pelatihan Pengenalan Dan Pengujian SIR Berdasarkan SNI 1903:2017 di Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik (BBSPJIKKP). Pelatihan Ini diselenggarakan atas kerjasama BBSPJIKKP dengan PT. Pamor Ganda dan PT. Anugrah Sibolga Lestari.

Acara pelatihan yang diselenggarakan dibuka dan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Bapak Sri Widodo. Acara ini dihadiri oleh enam peserta, masing-masing berasal dari PT Anugrah Sibolga Lestari, PT. Pamor Ganda, dan tiga peserta internal dari Tim Pengujian dan PUP BBSPJIKKP. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis peserta terkait produk SIR dan pengujian SIR berdasarkan standar SNI 1903:2017.

Dalam rangka mencapai tujuan pelatihan, peserta tidak hanya diberikan pemahaman teoritis tentang produk SIR, tetapi juga dilibatkan dalam serangkaian praktikum yang mencakup beberapa aspek kunci. Berikut adalah ringkasan materi pelatihan diantaranya Homogenisasi SIR, Persiapan Sampel Uji SiIR, Pengujian Plastisitas, Viskositas Moony, Kadar Abu, Kadar Kotoran, dan Kadar Zat Menguap SIR.