Pelatihan Desain Produk Kulit

Yogyakarta, 16 Agustus 2023 - Pada tanggal 14 s.d 16 Agustus 2023 telah dilaksanakan Pelatihan Desain Produk Kulit. Pelatihan Ini diselenggarakan atas kerjasama BBSPJIKKP dengan Disperindag Kab. Sidoarjo sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pengrajin kulit karena sejak tahun 1980 kabupaten sidoarjo terkenal akan pengrajin kulit skala nasional dan internasional namun sejak pandemi covid mengakibatkan lesunya industri kulit di Kab. Sidoarjo.

Sejak tahun 1980, Kabupaten Sidoarjo terkenal dengan sentra industri tas dan koper (INTAKO) di Tanggulangin yang berskala nasional bahkan internasional, namun popularitasnya semakin menurun apalagi sejak terdampak pandemi Covid-19. Dalam upaya mengembalikan kejayaan industri kulit di Kabupaten Sidoarjo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sidoarjo bekerjasama dengan Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet dan Plastik (BBSPJIKKP) menggelar pelatihan Desain Produk Kulit bagi IKM alas kaki. Pelatihan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pengrajin kulit, dengan jumlah peserta sebanyak 12 IKM alas kaki dari Kecamatan Kriyan dan Gedangan, Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Sekretaris Disperindag Sidoarjo, Muhammad Yunan Khoiron, menyampaikan harapan kepada peserta pelatihan supaya dapat meningkatkan keterampilannya dalam membuat desain sepatu yang lebih variatif, sehingga dapat meningkatkan nilai jual produknya. Dalam acara pembukaan juga disampaikan materi oleh Narasumber dari Komisi B DPRD Sidoarjo, Saifuddin Affandi mengenai pemasaran digital untuk membantu penjualan produk dengan lebih masif dan efisien, sehingga mampu meningkatkan pendapatan usaha dan mendorong pendapatan daerah.

Selama pelatihan berlangsung, peserta diajarkan teori mengenai pembuatan pola dan desain sepatu, dan praktik di laboratorium alas kaki BBSPJIKKP. Dengan pelatihan ini, diharapkan peserta pelatihan dapat meningkatkan keterampilannya dalam mendesain sepatu kulit, sehingga mampu mengikuti perkembangan dunia fashion alas kaki.