Pacu Pertumbuhan Industri Kulit, Karet dan Plastik, BBKKP dan Puslitbang IKFTLMATE Sosialisasikan Program DAPATI


Yogyakarta, 6 Februari 2020 bertempat di Ruang Rubber Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) diadakan Sosialisasi Program Dana Kemitraan Peningkatan Teknologi Industri (DAPATI) bagi Industri Kulit, Karet dan Plastik. Acara diikuti oleh 29 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dan 4 Dinas Perindustrian di wilayah Yogyakarta.

Dalam pembukaannya Agus Kuntoro, Kepala BBKKP menyampaikan BBKKP melalu Pusat Inkubasi Bisnis Teknologi (PIBT) akan berperan untuk membantu IKM sesuai dengan ruang lingkup DAPATI, yaitu : pengembangan dan perbaikan mutu produk, pengembangan dan perbaikan teknologi proses produksi, perbaikan layout mesin atau peralatan produksi, pengembangan teknologi hemat energi, pencegahan pencemaran lingkungan dan teknologi daur ulang serta penerapan dan perbaikan sistem kendali mutu.

Dalam sosialisasi yang dibawakan oleh Bambang Riznanto, Kepala Bidang Industri Kimia dan Farmasi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Kimia, Farmasi, Tekstil, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, disebutkan bahwa Permasalahan IKM saat ini diantaranya adalah dominasi penggunaan teknologi sederhana; keterbatasan penggunaan middle atau high technology; kesulitan penanganan ketika penggunaan teknologi;  akses terhadap teknologi; pelayanan modal; dan keengganan menggunakan tenaga ahli dari luar perusahaan.

 

 

Program DAPATI hadir untuk membantu meningkatkan kemampuan IKM dalam pengembangan dan penerapan teknologi Industri dengan memberikan bantuan pendanaan berupa sebagian biaya yang diperlukan untuk pelayanan jasa konsultasi teknis yang pelaksanaanya dilakukan oleh BBKKP untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas, nilai tambah, daya saing dan kemandirian industri.

Skema Pembiayaan Program Dapati yaitu 75%:25%, dalam arti maksimal 75% dana berasal dari DAPATI, dan minimal 25% dana berasal dari IKM. Bagi sobat industri yang tertarik mengikuti program DAPATI, berikut kami sertakan panduannya yang dapat diunduh disini . so don't miss it.

#DAPATI #kemenperin #kemenperin_ri #bppi #BBKKP #IKFTLMATE #insanOKE #leather #rubber #plastic #ikm #dayasaing