Kegiatan Inspeksi dan Witness Lembaga Inspeksi BBKKP

Yogyakarta, 23 Agustus 2023 - Lembaga Inspeksi Balai Besar Kulit, Karet, dan Plastik (LI-BBKKP) telah melaksanakan Inspeksi sekaligus Penyaksian Kompetensi (Witness) oleh KAN di PT Yogya Presisi Teknikatama Sinergi (PT YPTS) pada tanggal 22 s.d 23 Agustus 2023 yang lalu. Proses witness merupakan tahap akhir dari proses Akreditasi KAN untuk Lembaga Inspeksi BBKKP.

Proses inspeksi dan witness yang dilaksanakan meliputi Inspeksi Kebisingan dan Pencahayaan. Kegiatan witness dihadiri oleh tim asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang terdiri dari 2 orang personel asesor yaitu Ibu Mega Ayu Pithaloka dan Ibu Devi Angelina Kusumaningtiar. Kegiatan witness dilakukan untuk menyaksikan kesesuaian kompetensi dari Inspektur Lembaga Inspeksi BBKKP dalam melaksanakan inspeksi di lapangan.

Lembaga Inspeksi melaksanakan pengambilan data inspeksi yang dilakukan di 12 (dua belas) titik meliputi Inspeksi Pencahayaan yang terdiri dari Inspeksi Pencahayaan Umum sebanyak 2 titik dan Inspeksi Pencahayaan Setempat sebanyak 2 titik. Sedangkan untuk pelaksanaan Inspeksi Kebisingan terdiri dari Inspeksi Kebisingan Tempat Kerja sebanyak 4 titik sampling dan Inspeksi Kebisingan Lingkungan yang dilaksanakan selama 24 jam di 4 titik yang berbatasan dengan kawasan pemukiman dan kawasan lainnya.

Langkah witness ini merupakan komitmen Lembaga Inspeksi BBKKP untuk mendapatkan akreditasi Lembaga Inspeksi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sehingga LI-BBKKP dapat melayani para pelaku industri yang membutuhkan jasa layanan inspeksi kebisingan dan pencahayaan di perusahaannya dengan lebih optimal.