Dorong Percepatan Pertumbuhan IKM Kulit di Kabupaten Tanah Laut, BBKKP Kirim Instruktur

Guna mendorong percepatan pertumbuhan IKM bidang kulit di Kabupaten Tanah Laut, Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) mengirim seorang instruktur pada kegiatan Pelatihan Penyamakan Kulit Sapi. Pelatihan yang terselenggara berkat kerja sama BBKKP dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan selama sepuluh hari tepatnya 23 November hingga 3 Desember 2020. Bertempat di Gedung Pusat Promosi Sentra IKM Sasirangan Tambang Ulang, Kalimantan Selatan, sebanyak 20 orang peserta mengikuti pelatihan dengan bimbingan Eka Lusiana sebagai instruktur.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut, Indah Herlina menyampaikan Kabupaten Tanah Laut adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang mempunyai potensi kulit sapi cukup besar. Badan Pusat Statistik mencatat setiap tahun ada sekitar 2000 ternak sapi yang dipotong baik di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) maupun di luar RPH. Potensi kulit mentah sapi saat ini belum diolah secara optimal, sebagian besar dijual ke Pulau Jawa sebagai kulit mentah. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut melibatkan beberapa pihak untuk mengikuti pelatihan. Pelatihan diikuti oleh pengrajin meubeler, Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), pelaku usaha bidang peternakan dan kuliner (krecek) serta perwakilan RPH. Hal ini dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan IKM bidang kulit. Menutup pidato sambutan pembukaan pelatihan, Indah Herlina berharap setelah kegiatan pelatihan akan dilanjutkan dengan membuka UPTD Penyamakan Kulit di daerah Pelaihari, Tanah Laut yang memang merupakan tempat pasar hewan terbesar di Tanah Laut.

#kemenperin #kemenperin_ri #bbkkp #kulit #ikm #tanahlaut #kalimantan #kalimantan_selatan #sapi #dinas_tenaga_kerja_dan_perindustrian #disnakerperin