Bimbingan Teknis Validasi/Verifikasi Metode, Estimasi Ketidakpastian dan Pembuatan Control Chart

Guna peningkatan kompetensi SDM laboratorium, Balai Besar Kulit Karet dan Plastik (BBKKP) bekerjasama dengan UPT Laboratorium Kesehatan, Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bimtek validasi/verifikasi metode, estimasi ketidakpastian dan pembuatan control chart. Maksud dari diadakannya Bimtek ini adalah sebagai pemenuhan persyaratan klausul 7,2; 7,7; dan 7,6 dalam SNI ISO/IEC 17025:2017 sebagai bentuk jaminan atas kevalidan dari hasil uji yang dikeluarkan oleh laboratorium pengujian dan kalibrasi.



Bimtek dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting pada hari Selasa (14/09/2021), dengan peserta sejumlah 15 orang dari Dinas Kesehatan UPT Laboratorium Kesehatan Kabupaten Sleman.

Materi disampaikan oleh instruktur dari BBKKP, yaitu Dwi Ningsih (PMB Ahli Muda), Aprial Purwanto (PMB Mahir) dan Titis Widyaningsih (PMB Mahir). Dalam pelatihan tersebut, instruktur memaparkan materi mengenai tata cara validasi/verifikasi metode, pembuatan control chart, dan perhitungan estimasi ketidakpastian pengukuran.



Rini Astutiningsih, S.K.M., S.T., M.P.H., Kasubbag TU Labkesda Sleman dalam sambutannya menyampaikan harapannya semoga setelah mengikuti pelatihan ini, Labkesda Sleman dapat mengaplikasikan materi yg diajarkan dalam kegiatan proses bisnis di laboratorium sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017.