Bekali SDM Industri, BBKKP Fasilitasi Pelatihan Berbasis Kompetensi

Pelatihan merupakan salah satu upaya peningkatan pengetahuan dan kompetensi SDM industri. Dalam memberikan fasilitas pelatihan yang berkualitas, Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik (BBSPJIKKP) di tahun 2022 mengajukan akreditasi sebagai Lembaga Pelatihan Kerja Pemerintah. Akreditasi lembaga pelatihan mengacu pada Kerangka Mutu Pelatihan Indonesia (KMPI) berdasarkan Permenaker Nomor 5 Tahun 2022 tentang Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja.

Pada Jumat (15/07/2022) berlangsung visitasi dari Asesor Komite Akreditasi DIY didampingi Tim dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi DIY. Kunjungan ini merupakan tahap lanjutan dari desk assesmen sebagai upaya pengecekan dokumen standar KMPI dan peninjauan sarana dan prasarana pelatihan. Dalam visitasi ini, Rahmatul Irfan dan Sri Nawaningsih selaku Asesor meninjau kesiapan dokumen akreditasi pada Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Audit Internal. Setelah visitasi ini, tahapan berikutnya adalah Rapat Pleno yang diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Kementerian Tenaga Kerja, yang akan menentukan keputusan akreditasi bagi sebuah Lembaga Pelatihan Kerja.

Pelatihan berbasis kompetensi merupakan pelatihan kerja yang dititikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja. Kemampuan kerja tersebut mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai standar yang ditetapkan di tempat kerja. Kepala BBSPJIKKP, Agus Kuntoro menegaskan, akreditasi ini akan menjadi jaminan bagi penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi dalam menyiapkan SDM industri yang kompeten. Pelatihan Auditor Internal Berbasis ISO 19011 Panduan Audit Sistem Manajemen bertujuan menyiapkan auditor internal yang kompeten pada perusahaan yang menjalankan Sistem Manajemen. Dalam pelatihan ini, selain diberikan materi dan praktik terkait kegiatan audit internal, juga dilaksanakan asesmen untuk menilai kemampuan peserta pelatihan dari segi knowledge, skill, dan attitude, sebagai acuan kelulusan.

#kemenperin #training #bbspjikkp #bbkkp #pbk #internalaudit