BBSPJIKKP Melangsungkan Program DAPATI Melalui Pelayanan Konsultasi Pemantauan Proses di CV. Pusaka Sarana Mustika

Pada tanggal 15-17 Mei 2023 lalu, BBSPJIKKP telah melaksanakan salah satu rangkaian kegiatan program DAPATI bersama salah satu mitra BBSPJIKKP, yaitu CV. Pusaka Sarana Mustika. Kegiatan program DAPATI tersebut dilaksanakan di BBSPJIKKP.

Pelaksanaan program DAPATI ini mengacu pada SK Kepala BBSPJIKKP No.60 Tahun 2023 tentang Penunjukan Tim Pelaksana Peningkatan Mutu Produk Barang Karet Melalui Pemantauan Proses dan Mutu Produk Akhir di CV. Pusaka Sarana Mustika. Penerbitan SK ini sesuai dengan pengarahan Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara “Kick Off Program Dana Kemitraan Peningkatan Teknologi Industri (DAPATI) Tahun 2022” di Bandung, 29 Maret 2022 silam bahwa melalui program DAPATI ini sangat diharapkan akan memberikan dampak semakin banyaknya IKM yang terlibat dalam peningkatan perekonomian nasional. Melalui rangkaian kegiatan pada 15-17 Mei 2023 lalu, BBSPJIKKP dukung terealisasinya program DAPATI bersama salah satu mitra BBSPJIKKP yaitu, CV. Pusaka Sarana Mustika.

Yudi Yunus, mitra DAPATI, yang merupakan pemilik CV. Pusaka Sarana Mustika, telah mengikuti rangkaian pelaksanaan program DAPATI selama 3 hari bersama tim DAPATI BBSPJIKKP yaitu, Ibu Ihda Novia Indrajati, Ibu Indiah Ratna Dewi, Bapak Muhammad Sholeh, dan Bapak Teguh Martianto.

Kegiatan pada hari pertama (15/05) meliputi penandatanganan SPK oleh Kepala Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet, dan Plastik, Bapak Hagung Eko Pawoko, dan pemilik CV. Pusaka Sarana Mustika, Bapak Yudi Yunus. Lalu dilanjutkan dengan pemahaman teori proses karet yang diisi oleh Ibu Ihda Novia dan Ibu Indiah Ratna Dewi serta pemahaman mengenai standar terkait proses dan produk karet yang diisi oleh Bapak Teguh Martianto.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan keesokan harinya pada 16 Mei 2023 dengan pelaksanaan kegiatan pemahaman terkait pengujian karet yang diisi oleh Bapak Muhammad Sholeh. Dilanjutkan dengan kegiatan witness pengujian sampel uji dari CV. PSM di Laboratorium Uji BBSPJIKKP.

Pada hari terakhir (17/05) rangkaian kegiatan program DAPATI ini, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi pemahaman dan praktik mengenai pemantauan proses produksi terkait produk karet oleh Ibu Ihda Novia dan Ibu Indiah Ratna Dewi. Dalam rangkaian program DAPATI ini pun telah dilaksanakan kegiatan pemahaman pengantar sertifikasi TKDN yang diberikan kepada Bapak Yudi Yunus.

Bapak Yudi Yunus menjelaskan bahwa melalui program DAPATI ini beliau telah diberikan kesempatan untuk memahami bahwa pemantauan proses produksi sangat diperlukan untuk menjamin kualitas produk yang ia hasilkan, sehingga CV. PSM dapat memenuhi kepuasan pelanggan-pelanggannya.