BBKKP Gelar Diseminasi Hasil Litbang sekaligus Pertemuan APKI se-Jatim di Malang

Kamis, 27 Juni 2019 BBKKP menyelenggarakan Diseminasi Hasil Litbang BBKKP bertempat di Hotel Sahid Montana Malang. Diseminasi Hasil Litbang BBKKP dihadiri oleh 24 industri penyamakan kulit dari Kabupaten Sidoarjo, Malang, Magetan serta instansi terkait yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo, dan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI). Diseminasi Hasil Litbang BBKKP dibuka oleh Kepala Balai BBKKP, Agus Kuntoro.


Sambutan Bapak Agus Kuntoro
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)

Agus Kuntoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa diseminasi hasil litbang yang dihadiri IKM industri kulit, asosiasi penyamak kulit dan perwakilan dinas terkait diharapkan dapat menjadi sarana untuk transfer teknologi hasil litbang BBKKP kepada stakeholder. Selain itu, kegiatan diseminasi ini juga diharapkan dapat menjadi forum untuk saling bertukar pengetahuan, informasi, ide kreatif dan inovasi.

Dalam kegiatan diseminasi hasil litbang ini, terdapat empat hasil litbang BBKKP yang dipresentasikan yaitu Pemanfaatan Limbah Shaving untuk Binder Protein oleh Gresy Griyanitasari, Pemanfaatan Limbah Fleshing untuk Kompos oleh Iwan Fajar Pahlawan, Pembuatan Gelatin dari Limbah Pra Penyamakan disampaikan oleh Dona Rachmawati serta Alat Uji Suhu Kerut Kulit Tersamak Sistem Digital oleh Fajar Majidi. Acara Diseminasi Hasil Litbang BBKKP diakhiri dengan sesi tanya peserta diseminasi.


Pemanfaatan Limbah Shaving untuk Binder Protein oleh Gresy Griyanitasari
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)


Pemanfaatan Limbah Fleshing untuk Kompos oleh Iwan Fajar Pahlawan
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)


Pembuatan Gelatin dari Limbah Pra Penyamakan disampaikan oleh Dona Rachmawati
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)


Alat Uji Suhu Kerut Kulit Tersamak Sistem Digital oleh Fajar Majidi
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)

Setelah istirahat siang, Acara dilanjutkan dengan Pertemuan Anggota Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) se Jawa Timur di lokasi yang sama.


Pertemuan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) se Jawa Timur
(dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)

#kemenperin #kemenperin_ri #kemenperinri
#bbkkp #clrp #kulit #karet #plastik
#diseminasi #litbang #riset
#apki #asosiasi #penyamakkulit
#malang #yogyakarta #indonesia
#hotel #sahidmontana