Workshop Global Alliances for Sustainable Development of Leather Sector bersama Dr. Balaraman Madhan dari India

Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) kerja sama dengan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) dan Politeknik ATK Yogyakarta gelar Workshop Global Alliances for Sustainable Development of Leather Sector pada Selasa, 9 April 2019. Bertempat di Ruang Rubber BBKKP, workshop dihadiri empat puluh orang dari praktisi penyamak kulit yang tergabung dalam APKI, akademisi dari Politeknik ATK Yogyakarta, serta peneliti di lingkungan BBKKP. Workshop yang menghadirkan Dr. Balaraman Madhan dari Central Leather Research Institute (CLRI) India sebagai pembicara utama bertujuan untuk meningkatkan kapasitas stakeholders industri kulit.

Kepala BBKKP, Agus Kuntoro, dalam sambutannya menyampaikan dengan diselenggarakn workshop ini bisa mendorong lahirnya ide-ide kreatif, strategis untuk pengembangan teknologi di industri penyamakan kulit yang low cost dan zero waste. Agus Kuntoro berharap BBKKP sebagai Pusat Unggulan Iptek Kulit dan Pusat Inkubasi Bisnis Teknologi Kulit, Karet dan Plastik mempunyai peran strategis bersama mitra stakeholders industri kulit untuk mengembangkan riset dan perekayasaan dalam mendukung kemajuan industri kulit di Indonesia.


Suasana Workshop  (dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)


Dr. Balaraman Madhan (dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)

Dr. Balaraman Madhan mempresentasikan makalah tentang pembangunan berkelanjutan sektor kulit yang berisi tentang perkembangan teknologi sektor kulit, berbagi pengalaman CLRI sebagai pusat penelitian sektor kulit di India dalam program upgrade teknologi di Afrika, serta roadmap menuju keberlanjutan yang komprehensif dalam industri kulit. Sebagai hasil dari workshop ini, BBKKP akan mengembangkan riset dan perekayasaan terkait penyamakan kulit yang ramah lingkungan, zero waste.


Foto Bersama Dr. Balaraman Madhan (dokumentasi: Seksi Informasi BBKKP)