Maksimalkan potensi kulit Makassar, BBKKP latih personil UPTD Penyamakan Kulit

Sebagai rangkaian partisipasi dalam Ritech Expo di Makassar tanggal 10-13 Agustus 2017 lalu, Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik (BBKKP) berkunjung ke UPTD Penyamakan Kulit Kota Makassar, untuk menjajagi peluang kerjasama diantara kedua pihak. UPTD Penyamakan Kulit Kota Makassar memiliki fasilitas untuk penyamakan kulit dari beamhouse hingga finishing.

Didukung dengan potensi bahan baku kulit mentah relatif melimpah, terutama kulit kambing,domba, reptil, dan ikan yang selama ini jarang dimanfaatkan, maka BBKKP sebagai pusat unggulan iptek kulit berinisiatif untuk menjalin kerjasama untuk memaksimalkan potensi daerah ini. Kegiatan kerjasama ini meliputi sosialisasi sekaligus bimbingan teknis tentang penyamakan kulit kambing untuk dijadikan kulit atasan sepatu.

Kegiatan bimbingan teknis dengan peserta sebanyak 12 orang yang merupakan staf  UPTD ini dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggl 16 s.d 20 Oktober 2017. BBKKP bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Makassar yang menaungi UPTD Penyamakan Kulit Makassar mengirimkan instruktur Syaiful Harjanto dan Eka Lusiana.

Dalam bimtek ini, peserta diberikan pemahaman tentang proses penyamakan kulit kambing untuk atasan sepatu, serta dibimbing melakukan praktek langsung penyamakan kulit dari proses soaking, liming, pickling, tanning, retanning, dyeing, fatliquoring hingga tahapan proses finishing.

Kepala UPTD Penyamakan Kulit Kota Makassar, Muchlis mewakili Kepala Dinas Perdagangan Kota Makassar mengungkapkan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat membuka wawasan bagi staf UPTD khususnya bahwa kulit kambing di Makassar dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kulit atasan sepatu, karena selama ini pihak UPTD hanya mengolah kulit sapi. Selain itu, Dinas Perdagangan Kota Makassar juga mengharapkan agar di waktu mendatang tetap menjalin kerja sama dengan BBKKP dalam rangka memajukan penyamakan kulit dan pembuatan barang kulit di kota Makassar. Bimbingan teknis litbang kulit juga diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan perkulitan yang selama ini dihadapi oleh IKM Kulit di Makassar dan sekitarnya.