Kunjungan Programma Uitzending Managers (PUM) Netherland di BBKKP

Selasa pagi (23/01/2018), BBKKP kedatangan tamu dari Programma Uitzending Managers (PUM) Netherland yang terdiri dari Hans Akkerman selaku senior expert bidang tekstil dan kulit didampingi oleh SR.Yunastuti Daud selaku representatif PUM area Yogyakarta-Solo.

Kepala BBKKP, Agus Kuntoro beserta segenap jajaran eselon dan peneliti menyambut baik kesempatan ini sebagai langkah awal dalam merintis kerjasama bidang kulit antara BBKKP dengan PUM Belanda.

PUM merupakan organisasi nirlaba yang mendorong kewirausahaan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan bagi negara berkembang dan perluasan pasar. PUM memberikan pendampingan bagi usaha kecil dan menengah dan organisasi yang membutuhkan konsultan namun terkendala biaya. Pendampingan ini diberikan oleh senior expert yang memberikan pengetahuan dan networking secara sukarela.

Sejak tahun 2012, PUM telah memberikan pendampingan kepada setiap perusahaan (industri) yang membutuhkan. Namun di tahun 2018, kerjasama akan lebih difokuskan dengan asosiasi, kelompok, maupun koperasi untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar (bigger impact). Ini menjadi peluang bagi BBKKP untuk bisa bersinergi dengan PUM dalam memberi manfaat bagi industri, khususnya bidang kulit, karet dan plastik.

Selanjutnya, akan disusun dokumen dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) sebagai payung hukum yang melandasi kerjasama antara BBKKP dengan PUM Belanda, dalam hal pendampingan bagi sektor industri kulit, tidak saja dari aspek produksi namun juga menyangkut aspek manajemen dan bisnis, marketing & promosi, organisasi, serta efisiensi dan pengelolaan limbah.