• Surel: bbkkp_jogja@yahoo.com
  • Whatsapp: +62 811-2827-821
English Indonesia
BBKKP Logo
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Motto
    • Maklumat Pelayanan
    • Struktur Organisasi
    • Profil Singkat Pejabat
    • Sumber Daya
      • Sumber Daya Manusia
      • Sarana Pelayanan Industri
      • Laboratorium Uji dan Kalibrasi
      • Lembaga Sertifikasi
  • Layanan Utama
    • Audit Teknologi
      • Deskripsi
      • Permohonan Audit Teknologi
      • SOP & Tarif Audit Teknologi
    • Standardisasi
      • Deskripsi
      • Permohonan Standardisasi
      • SOP & Tarif Standardisasi
    • Pengujian
      • Deskripsi
      • Permohonan Uji
      • Data Pengujian
      • Tarif Uji
      • SOP Pengujian
    • Sertifikasi
      • Deskripsi
      • Permohonan Sertifikasi
      • SOP Sertifikasi
      • Tarif Sertifikasi
    • Kalibrasi
      • Deskripsi
      • Permohonan Kalibrasi
      • Data Kalibrasi
      • SOP Kalibrasi
      • Tarif Kalibrasi
    • Alih Teknologi dan Inkubasi
      • Deskripsi
      • Pendaftaran Tenant PIBT BBKKP
    • Konsultansi
      • Deskripsi
      • Permohonan Konsultansi
      • SOP Konsultansi
      • Tarif Konsultansi
    • Pelatihan Teknis
      • Deskripsi
      • Permohonan Pelatihan
      • Data Pelatihan
      • SOP Pelatihan
      • Tarif Pelatihan
    • Rancang Bangun
      • Deskripsi
      • Permohonan Rancang Bangun
      • SOP Rancang Bangun
    • Pelayanan Jasa Proses dan Mesin
      • Deskripsi
      • Permohonan Pelayanan Jasa Proses dan Mesin
      • SOP Pelayanan Jasa Proses dan Mesin
      • Tarif Pelayanan Jasa Proses dan Mesin
    • Pendampingan INDI 4.0
      • Deskripsi Pendampingan INDI 4.0
    • Pendampingan TKDN
      • Deskripsi Verifikasi TKDN
    • Lembaga Verifikasi dan Validasi
      • Deskripsi LVV GRK
    • Lembaga Inspeksi
      • Deskripsi Lembaga Inspeksi
    • Uji Profisiensi
      • Lembaga Penyelenggara Uji Profisiensi
      • Prosedur Pelayanan Uji Profisiensi
  • Layanan Edukasi
    • PKL/Magang
      • SOP Pendaftaran
      • Permohonan PKL/Magang
      • Tarif PKL/Magang
    • Kunjungan
      • Deskripsi
      • Permohonan Kunjungan
      • Data Kunjungan
    • Perpustakaan
  • Informasi Publik
    • Berita
    • Agenda BBKKP
    • Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
    • Daftar Informasi Publik BBKKP
    • Informasi Berkala
    • Informasi Setiap Saat
    • Serta Merta
    • Layanan Informasi Publik
      • Tata Cara Permohonan Informasi Publik
      • Permohonan Informasi Publik
      • Tata Cara Pengajuan Keberatan Informasi
      • Pengajuan Keberatan Informasi
      • Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi
    • Kode Etik Pelayanan Publik
    • SOP Penanganan Kebakaran
  • Zona Integritas
    • Komitmen
    • Peta Jalan
    • Gratifikasi
      • Apa itu Gratifikasi?
      • Pelaporan Gratifikasi
    • Pelaporan Pelanggaran
      • Apa itu Pelaporan Pelanggaran?
      • Pelaporan Pelanggaran
    • Benturan Kepentingan
      • Apa itu Benturan Kepentingan?
      • Pelaporan Benturan Kepentingan
    • Survey Persepsi Korupsi
  • Hubungi Kami
    • Buku Tamu
    • Keluhan dan Pengaduan
    • Survey Kepuasan Pelanggan
    • Kontak

Lembaga Penyelenggara Uji Profisiensi

Uji profisiensi yaitu layanan jasa yang memberikan evaluasi kinerja peserta uji profisiensi terhadap suatu kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Layanan uji profisiensi dilakukan dengan cara perbandingan antar laboratorium. Layanan uji profisiensi dilaksanakan oleh suatu penyelenggara uji profisiensi yang kemudian dapat disingkat PUP. Untuk memastikan layanan uji profisiensi yang terpercaya, maka PUP harus menerapkan persyaratan kompetensi sesuai ISO/IEC 17043:2010. Pada tahap berikutnya, PUP perlu mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal dalam memberikan layanannya. Pengakuan tersebut diberikan melalui proses akreditasi.

Pengguna jasa uji profisiensi yaitu laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi. Laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang menerapkan ISO/IEC 17025:2017 pasti membutuhkan adanya pemastian keabsahan hasil secara eksternal. Pemastian keabsahan hasil secara eksternal diperoleh dengan mengikuti kegiatan uji profisiensi atau uji banding antar laboratorium. Hingga saat ini, ada 26 PUP terakreditasi dengan ruang lingkup uji profisiensi pengujian dan 4 PUP terakreditasi dengan ruang lingkup uji profisiensi kalibrasi, sedangkan terdapat sekitar 1500 laboratorium pengujian terakreditasi KAN dan lebih dari 350 laboratorium kalibrasi terakreditasi KAN. Hal ini menjadi potensi bagi BBSPJIKKP untuk mengembangkan layanan uji profisiensi.

Melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT di Lingkungan BSKJI Kemenperin, BBSPJIKKP memiliki landasan hukum yang kuat untuk memberikan layanan jasa uji profisiensi. Di samping itu, berbekal pengalaman sebagai koordinator UBLK sejak tahun 2018 memantapkan langkah BBSPJIKKP untuk memulai layanan jasa uji profisiensi di tahun 2022 pada 8 (delapan) skema uji profisiensi kalibrasi.

Pada tahun 2022, PUP BBSPJIKKP memberikan layanan uji profisiensi kalibrasi pada bidang pengukuran volumetrik, pengukuran waktu, pengukuran suhu, pengukuran massa, dan pengukuran dimensi. Pada proyeksi selanjutnya, PUP BBSPJIKKP akan membuka layanan uji profisiensi kalibrasi pada bidang pengukuran lainnya seperti instrumen, tekanan, gaya, kelistrikan, dan lainnya. PUP BBSPJIKKP juga merencanakan untuk membuka layanan uji profisiensi pengujian untuk komoditi air limbah, air bersih, serta karet SIR.

Pilihan skema uji profisiensi kalibrasi yang ditawarkan pada tahun 2022 antara lain:

  • Termometer Gelas
  • Labu Ukur
  • Pipet Ukur
  • Pipet Volume
  • Stopwatch Digital
  • Dial Thickness Gauge
  • Timbangan Elektronik
  • Oven

Kalender

Kantor Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Kulit, Karet dan Plastik

  • Jl. Sokonandi No. 9 Yogyakarta
     Indonesia 55166
  • +62 (274) 512-929, 563-939
  • +62 (274) 563-655
  • +62 811-2827-821
  • bbkkp_jogja@yahoo.com
  • Senin - Jumat : 08:00 - 15:30
      Sabtu, Ahad   : Tutup

Kepuasan Pelanggan




Indeks Persepsi Korupsi

Keluhan Pelanggan

© 2023 - Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Kulit, Karet dan Plastik. All Rights Reserved.